Kue vanilla sederhana milik Nigella sama sekali tidak membosankan. Sempurna sebagai hidangan penutup Natal atau dengan secangkir teh sebagai suguhan sore.
Bahan

225g / 8oz mentega lunak, ditambah ekstra untuk mengolesi
300g / 10½oz gula kastor
6 telur buras
350g / 10½oz tepung terigu
½ sdt bikarbonat soda
250ml / 9oz yogurt alami rendah lemak
4 sdt ekstrak vanila
1-2 sdm gula icing, secukupnya

metode

Memanaskan lebih dulu oven ke 180C / 350F / Gas 4. Tempatkan nampan kue ke dalam oven untuk memanaskan. Oleskan kaleng bundt 2,5 liter / 4 pint 8fl oz (berbentuk pohon cemara, jika mungkin) dengan sangat bebas menggunakan mentega.

Dalam mangkuk pengaduk, ayak tepung dan bikarbonat soda bersamaan.

Campur mentega dan gula menjadi satu dalam mangkuk besar lainnya dengan sendok kayu (atau mixer listrik) hingga ringan dan mengembang.

Tambahkan telur, satu per satu, kocok masing-masing dengan satu sendok makan tepung. Dengan hati-hati, lipat tepung yang tersisa menggunakan sendok logam besar, lalu lipat dalam yoghurt dan ekstrak vanila hingga tercampur rata.

Tuang campuran ke dalam kaleng yang sudah disiapkan dan oleskan sampai rata. Tempatkan kaleng di atas loyang yang sudah dipanaskan di dalam oven dan masak selama 45-60 menit, sampai terangkat dan berwarna cokelat keemasan. Setelah 45 menit, dorong tusuk sate logam ke tengah kue. Jika keluar bersih, kue sudah matang.

Lepaskan kue dari oven dan letakkan di rak kawat, tanpa mengeluarkannya dari kaleng. Biarkan dingin selama 15 menit.

Tarik perlahan tepi kue dari kaleng dengan jari-jari Anda, lalu hati-hati putar kue ke rak kawat. Biarkan hingga benar-benar dingin.

Setelah dingin, ayakan gula icing di atas kue. Sajikan dalam irisan.

Leave a Reply

*